Jumat, 13 Maret 2015

Transmisi Manual

Pengertian Transmisi manual

          Transmisi manual adalah tipe transmisi yang digunakan pada kendaraan bermotor. Sistem ini menggunakan clutch yang dioperasikan oleh pengemudi untuk mengatur perpindahan  torsi dari mesin menuju transmisi, serta pemindah gigi yang dioperasikan dengan tangan (pada mobil) atau kaki (pada motor). Gigi percepatan dirangkai di dalam kotak gigi/gerbox untuk beberapa kecepatan, biasanya berkisar antara 3 sampai 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur (R). Gigi percepatan yang digunakan tergantung kepada kecepatan kendaraan pada kecepatan rendah atau menanjak digunakan gigi percepatan 1 dan seterusnya kalau kecepatan semakin tinggi, demikian pula sebaliknya kalau mengurangi kecepatan gigi percepatan diturunkan, pengereman dapat dibantu dengan penurunan gigi percepatan.

Klassifikasi Transmisi Manual
Transmisi pada kendaraan dapat diklassifikasikan sebagai berikut :
a. Slidingmesh transmission Type
            Pada transmisi ini perpindahan gigi kecepatan dilakukan dengan menggeserkan tiap – tiap roda gigi pada poros input berkaitan dengan roda gigi pada poros output. Roda gigi pada poros input yaitu berasal dari kopling, dipasang mati. Sedangkan roda gigi yang dipasang pada poros output dipasang geser/sliding. Roda gigi yang digunakan untuk model ini tentunya jenis spur. Merupakan bentuk transmisi yang pertama kali digunakan pada kendaraan. Bentuk transmisi ini memiliki kerugian dan kekurangan diantaranya :
1) Konstruksi yang besar
2) Terdapat Kesukaran dalam perpindahan Gear pada saat kendaraan berjalan dan berakselerasi.
3) Suaranya kasar.
Gambar 2.1. Transmisi Tipe Slidingmesh

b. ConstanmeshTransmission Type
        Sistem pemindahan kecepatan pada sistem ini tidak memindah roda gigi, namun dengan menambah satu perlengkapan kopling geser. Bentuk giginya Helikal. Namun masih memiliki kekurangan yaitu saat perpindahan gigi masih terjadi kesukaran.
Gambar 2.2. Transmisi tipe Constanmesh


c. SyncromeshTransmission Type
              Pada tipe ini, pemindahan putaran dari main gear ke main shaft digunakan Syncromesh. Sehingga perpindahan putaran dapat dilakukan dengan mudah pada berbagai kecepatan. untuk memindahkan posisi kecepatan dipergunakan perlengkapan synchromesh, dimana dengan bentuk konisnya akan menyamakan putaran, baru kemudian gigi sleeve disambungkan. Kemampuan menyesuaikan putaran antara dua roda gigi yang akan disambungkan ini yang tidak dimiliki oleh kedua sistem sebelumnya.

Gambar 2.3. Konsruksi Unit Synchromesh
Sistem synchromeshini yang kemudian dipergunakan pada transmisi manual sampai saat ini.

1 komentar:

  1. 1xbet - How to Play the Best Coin Casino 2021 | CasinoWow
    Coin 바카라 사이트 Casino is one of 인카지노 the best-known 바카라 사이트 brands in the online gaming industry. They offer top-quality casino games and live betting.

    BalasHapus