Jumat, 13 Maret 2015

Komponen Transmisi Manual

Komponen-komponen utama sistem transmisi dan fungsi-fungsinya
a. Transmission input saft (Poros input transmisi) : Sebuah poros dioperasikan dengan kopling yang memutar gigi didalam gear box
b. Transmission gear (Gigi transmisi) : Untuk mengubah output gaya torsi yang meninggalkan transmisi
c. Synchroniser (Gigi penyesuai): Komponen yang memungkinkan pemindahan gigi pada saat mesin bekerja/hidup
d. Shift fork (Garpu pemindah): Batang untuk memindah gigi atau syncroniser pada porosnya
sehingga memungkinkan gigi untuk dipasang/dipindah
e. Shift lingkage (Tuas penghubung): Batang/tuas yang menghubungkan tuas persneling dengan shift fork.
f. Gear shift lever (Tuas pemindah presnelling): Tuas yang memungkinkan sopir memindah gigi transmisi.
g. Transmission case(Bak transmisi): Sebagai dudukan bearing transmisi dan poros-poros serta sebagai wadah oli/minyak transmisi
h. Output saft (Poros output): Poros yang mentransfer torsi dari transmisi ke gigi terakhir
i. Bearing (Bantalan/laker) : Mengurangi gesekan antara permukaan benda yang berputar di
dalam sistem transmisi
j. Extension housing (Pemanjangan bak): Melingkupi poros output transmisi dan menahan seal oli belakang. Juga menyokong poros output.
k. Counter Gear (Gigi Konter): Sebagai penghasil torsi dari gigi input ke gigi kecepatan
l. Speedometer Gear (gigi speedometer) : Sebagai penggerak kabel mengukur rpm kecepatan kendaraan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar