Kamis, 12 Maret 2015

Komponen Transmisi Otomatis

Sebuah transmisi otomatis terdiri dari 3 bagian utama yang masing-masing mempunyai fungsi khusus tersendiri.

1. Torsi Konverter (Torque Converter)
Torsi konverter berfungsi sebagai pengubah tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin yang selanjutnya disalurkan ke unit roda gigi planet (planetary gear unit).

2. Unit Roda Gigi Planet (Planetary Gear Unit)
             Unit roda gigi planet berfungsi sebagai penerima input dari torsi konverter dan pengubah kecepatan serta tenaga putar sesuai dengan kondisi pengendaraan. Berbagai perbandingan roda gigi dalam arah maju (forward) dan satu arah mundur (reverse) dibuat oleh unit roda gigi planet. Disain unit roda gigi planet meliputi 2 susunan roda gigi planet (planetary gear set) berupa roda gigi matahari (sun gear), roda gigi pinion (pinion gear) yang dihubungkan oleh planetary carrier dan sebuah roda gigi cincin (ring gear). Bagian-bagian roda gigi planet ditahan dengan alat penahan (holding device) agar tidak bergerak, alat-alat penahan ini dapat berupa kopling multiplat (multiplate clutches) atau rem-rem (brakes), pita rem (brake band) dan kopling-kopling satu arah (one way clutches).
Planetary gear unitterdiri dari beberapa planetary gear setdan beberapa clutches serta brakes, sebuah planetary gear set terdiri dari sebuah roda gigi matahari (sun gear), roda gigi pinion (pinion gear) yang dihubungkan oleh planetary carrierdan sebuah roda gigi cincin (ring gear).
             Roda gigi matahari terletak di pusat, sementara roda gigi pinion berputar di sekelilingnya, dan sebuah roda gigi cincin di sekitar roda gigi pinion. Susunan roda gigi ini disebut roda gigi “planetary” karena roda gigi pinion nampak seperti planet-planet yang berputar di sekeliling matahari.

Arah Maju (Forward Direction)
              Ketika roda gigi cincin atau roda gigi matahari dipegang/ditahan dalam sebuah posisi yang tetap, dan anggota-anggota yang lain sebagai anggota input, arah putaran roda gigi output selalu sama dengan arah putaran roda gigi input. Ketika roda gigi cincin berputar searah jarum jam (clockwise), roda gigi pinion berjalan searah jarum jam di sekeliling roda gigi matahari yang diam. Akibatnya planetary carrier berputar pada kecepatan yang diperlambat (kecepatan turun). Ketika planetary carrierberputar searah jarum jam (clockwise), roda gigi pinion menyebabkan roda gigi cincin berputar searah jarum jam dan dipercepat pada kecepatan yang lebih besar daripada kecepatan planetary carrier.

Arah Mundur (Reverse Direction)
          Ketika planetary carrierdiam dan roda gigi-roda gigi yang lain adalah sebagai input, roda gigi output akan berputar dalam arah berkebalikan. Dengan planetary carrier diam, ketika roda gigi matahari berputar searah jarum jam, roda gigi pinion idle dan roda gigi cincin digerakkan dalam arah berkebalikan (berlawanan arah jarum jam).

3. Alat-Alat Penahan (Holding Devices) Susunan Roda Gigi Planet
             Alat-alat penahan (Holding Devices) yang digunakan dalam susunan roda gigi planet ada tiga jenis, yaitu meliputi; kopling-kopling multiplat (multiplate clutches), pita rem (brake band), dan koplingkopling satu arah (one way clutches).
a. planetary gearagar ikut berputar.
b. Rem menahan komponen planetary gear unitagar tidak berputar.
        ·    Rem-rem multiplat (multiplate brakes)
        ·         Pita rem (brake band)

c. Rolleratau Sprag One Way Clucthes planetary geardalam satu arah putaran.
            Kopling multiplat dan rem multiplat adalah yang paling biasa dipakai dari 3 jenis alat-alat penahan, karena mempunyai banyak kegunaan dan fungsi. Pita rem (brake band) membutuhkan ruang yang sedikit dalam rumah transmisi (transmission case) dan mempunyai luas permukaan yang lebar agar gaya penahan (holding force) besar/kuat. Kopling satu arah mempunyai ukuran yang kecil dan mudah untuk dilepas atau dipasang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar