Dinamakan kopling hidrolik karena untuk
melakukan pemindahan daya adalah dengan memanfaatkan tenaga hidrolis. Proses
kerjanya memanfaat-kan tekanan hidrolis, dan pemindahan dari satu kopling
kekopling yang lainnya, dilakukan dengan mengatur aliran hidrolisnya. Tenaga
hidrolis didapat dengan menempatkan cairan/ minyak pada suatu wadah/ mekanisme
yang diputar, sehingga cairan akan terlempar/ bersirkulasi oleh adanya gaya
sentrifugal akibat putaran sehingga fluida mempunyai tenaga hidrolis. Fluida
yang bertenaga inilah yang digunakan sebagai penerus/ pemindah tenaga.Kopling
hidrolis banyak dipergunakan pada kendaraan dengan transmisi otomatis.
Kopling hidrolis banyak dipergunakan pada
kendaraan dengan transmisi otomatis. Proses kerjanya memanfaat-kan tekanan
hidrolis, dan pemindahan dari satu kopling kekopling yang lainnya, dilakukan
dengan mengatur aliran hidrolisnya.
Komponen utama pada unit kopling hidrolik adalah
:
1. Pump impeller merupakan mekanisme
pompa yang membangkitkan tenaga hidrolis pada fluida.
2. Turbin runner adalah
mekanisme penangkap tenaga hidrolis fluida yang dibangkitkan pump impeller.
3. Stator adalah mekanisme pengatur arah aliran fluida agar tidak terjadi aliran
yang merugikan tetapi justru aliran yang menguntungkan sehingga didapatkan
peningkatan momen/ torsi.
Referensi:
Modul pemeliharaan/servis kopling dan komponen-komponennya sistem pengoperasian
Modul perbaikan kopling dan komponen-komponennya.
Modul pemeliharaan/servis kopling dan komponen-komponennya sistem pengoperasian
Modul perbaikan kopling dan komponen-komponennya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar