Kopling gesek (Friction Clutch) adalah proses
pemindahan tenaga melalui gesekan antara bagian penggerak dengan yang akan
digerakan. Konsep kopling ini banyak dipergunakan pada sistem pemindah tenaga kendaraan, khususnya
pada kendaraan ringan, sepeda motor, sedan dan mobil penumpang lainnya.
Ditinjau dari bentuk bidang geseknya kopling
dibedakan menjadi 2 yaitu :
(1) Kopling piringan (disc clutch) Kopling
piringan adalah unit kopling dengan bidang gesek berbentuk piringan atau disc.
(2) Kopling konis (cone clutch) Kopling konis
adalah unit kopling dengan bidang gesek berbentuk konis.
Ditinjau dari jumlah piringan/ plat yang
digunakan kopling dibedakan menjadi 2 yaitu :
(1) Kopling plat tunggal Kopling plat tunggal
adalah unit kopling dengan jumlah piringan koplingnya hanya satu.
(2) Kopling plat ganda/ banyak Kopling plat
banyak adalah unit kopling dengan jumlah piringan lebih dari satu.
Ditinjau dari lingkungan/media kerja, kopling
dibedakan menjadi :
(1) Kopling basah Kopling basah adalah unit
kopling dengan bidang gesek (piringan atau disc) terendam cairan/ minyak.
Aplikasi kopling basah umumnya pada jenis atau tipe plat banyak, dimana
kenyamanan berkendara yang diutamakan dengan proses kerja kopling tahapannya
panjang, sehingga banyak terjadi gesekan/slip pada bidang gesek kopling dan
perlu pendinginan.
(2) Kopling kering Kopling kering adalah unit
kopling dengan bidang gesek (piringan atau disc) tidak terendam cairan/ minyak
(dan bahkan tidak boleh ada cairan/ minyak).
Ditinjau dari pegas penekannya, kopling
dibedakan menjadi :
(1). Kopling pegas spiral Adalah unit kopling
dengan pegas penekannya berbentuk spiral. Dalam pemakaiannya dikendaraan
kopling dengan pegas coil memiliki kelebihan : penekanannya kuat dan kerjanya
cepat/ spontan. Sedangkan kekurangannya : penekanan kopling berat, tekanan pada
plat penekan kurang merata, jika kampas kopling aus maka daya tekan berkurang,
terpengaruh oleh gaya sentrifugal pada kecepatan tinggi dan komponennya lebih
banyak, sehingga kebanyakan kopling pegas spiral ini digunakan pada kendaraan
menengah dan berat yang mengutamakan kekuatan dan bekerja pada putaran lambat.
(2). Kopling pegas diaphragma Adalah unit
kopling dengan pegas penekannya berbentuk diaphragma. Penggunaan pegas diaphragma
mengatasi kekurangan dari pegas spiral. Namun pegas diaphragma mempunyai
kekurangan : kontruksinya tidak sekuat pegas spiral dan kurang responsive
(kerjanya lebih lambat), sehingga kebanyakan kopling pegas diaphragm ini
digunakan pada kendaraan ringan yang mengutamakan kenyamanan.
Cara kerja kopling gesek
Kopling berfungsi untuk memindahkan tenaga
secara halus dari mesin ke transmisi melalui adanya gesekan antara plat kopling
dengan fly wheel dan plat penekan. Kekuatan gesekan diatur oleh pegas penekan
yang dikontrol oleh pengemudi melalui mekanisme penggerak kopling.
Jika pedal kopling ditekan penuh, tekanan pedal
tersebut akan diteruskan oleh mekanisme penggerak sehingga akan mendorong plat
penekan melawan tekanan pegas penekan sehingga plat kopling tidak mendapat
tekanan. Gesekan antara plat kopling dengan fly wheel dan plat penekan tidak
terjadi sehingga putaran mesin tidak diteruskan.
Jika pedal kopling ditekan sebagian/ setengah,
tekanan pedal tersebut akan diteruskan oleh mekanisme penggerak sehingga akan
mendorong plat penekan melawan sebagain/ setengah tekanan pegas penekan
sehingga tekanan plat penekan ke fly wheel berkurang, sehingga plat kopling
akan slip. Gesekan antara plat kopling dengan fly wheel dan plat penekan kecil
sehingga putaran dan daya mesin diteruskan sebagian.
Apabila pedal dilepaskan maka gaya pegas akan
kembali mendorong dengan penuh plat penekan. Plat penekan menghimpit plat
kopling ke fly wheel dengan kuat sehingga terjadi gesekan kuat dan berputar
bersamaan. Dengan demikian putaran dan daya mesin diteruskan sepenuhnya (100%)
tanpa slip.
Referensi:
Modul pemeliharaan/servis kopling dan komponen-komponennya sistem pengoperasian
Modul perbaikan kopling dan komponen-komponennya
Tll
BalasHapusSaia senang
BalasHapusKopling gesek adalah prose's pemindahan tenaga
BalasHapusKopling gesek (Friction Clutch) adalah proses pemindahan tenaga melalui gesekan antara bagian penggerak dengan yang akan digerakan. Konsep kopling ini banyak dipergunakan pada sistem pemindah tenaga kendaraan, khususnya pada kendaraan ringan, sepeda motor, sedan dan mobil penumpang lainnya
BalasHapus