Sabtu, 21 Maret 2015

Radiator




Radiator pada sistem pendinginan berfungsi untuk mendinginkan air atau membuang panas air keudara melalui sisrip-sirip pendinginnya.

Konstruksi radiator terdiridari:
a) Tangkiatas
Tangki atasber fungsi untuk menampung air yang telah panas dari mesin. Tangki atasdi lerngkapi dengan lubang pengisian, pipa pembuangan dan saluran masukdari mesin. Lubang pengisian harus ditutup dengan tutup radiator. Pipa pembuangan untuk mengalirkan kelebihan air dalam sistem pendinginan yang disebabkan oleh ekspansi panas dari air keluar atau ketangki reservoir. Saluran masuk ditempatkan agak keujung tangki atas.
b) Inti radiator (radiator core)
Inti radiator berfungsi untuk membuang panas dari air keudara agar suhu air lebih rendah dari sebelumnya. Inti radiator terdiri dari pipa-pipa air untuk mengalirka air dari tangki atas ketangki bawah dan sisrip-sirip pendingin untuk membuang panas air dalam pipa-pipa air. Udara juga dialirkan diantara sirip-sirip pendingin agar pembuangan panas secepat mungkin. Warna inti radiator dibuat hitam agar pepindahan panas radiasi dapat terjadi sebesar mungkin. Besar kecilnya inti radiator tergantung pada kapasitas mesin dan jumlah pipa-pipa air dan sisrip-siripnya
c) Tangkibawah
Tangki bawah berfungsi untuk menampung air yang telah didinginkan oleh inti radiator dan selanjutnya disalurkan kemesin melalui pompa. Pada tangki bawah juga dipasangkan saluran air yang berhubungan dengan pompa air dan saluran pembuangan untuk membuang air radiator pada saat membersihkan radiator dan melepas radiator.
Ada dua tipe inti radiator yang perbedaannya tergantung bentuk sirip-sirip pendinginnya, yaitu tipe plat (flat fin type) dan tipe lekukan (corrugated fin type)

Beberapa kendaaraan modern menggunakan radiator versi terbaru yaitu tipe “SR“.
Inti radiator tipe SR (single row) mempunyai susunan pipa tunggal sehingga bentuk radiator menjadi tipis dan ringan dibanding dengan radiator tipe lain.

Referensi :
Modulperbaikansistempendingindankomponen-komponennya
Modulpemeliharaan/ ServisSistemPendingin DanKomponen-Komponennya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar