Sabtu, 07 Maret 2015

Cara kerja system starter


a.       Kunci kontak posisi start
Gambar 1. Kunci kontak posisi start
Pada saat ini hold in dan pull in coil membentuk gaya magnet dengan arah yang sama, karena arah arus yang mengalir sama. Akibatnya plunger akan bergerak ke arah main switch sehingga drive lever bergerak menggeser starter clutch kearah posisi berkaitan dengan ring gear. Karena arus yang mengalir ke field coil pada saat itu relatif kecil maka armature berputar lambat dan memungkinkan perkaitan pinion dan ring gear menjadi lembut. Pada saat ini main contak plate belum menutup main switch.
b.      Pada saat pinion berkaitan penuh dengan ring gear
Bila piniongear sudah berkaitan penuh dengan ring gear, kontak plate akan mutup main switch . diterminal C ada arus , maka arus dari pull in coil tidak tidak dapat mengalir tetapi kontak plate ditahan oleh kemagnetan hold in coil saja. Bersaman dengan itu arus yang besar akan mengalir dari batterai masuk melalui terminal 30, main kontak plate , field coil, armature dan massa. Akibatnya starter dapat menhasilkan momen puntir yang besar yang digunakan untuk memutar ring gear.
Gambar 2. Pada saat pinion berkaitan penuh dengan ring gear

c.       Pada saat kontak posisi ON
Gambar 3. Pada saat kontak posisi ON

Sesudah starter swich ke ON, main switch dalam keadaan belum bebas dari kontak plate. Karena arus pull in coil dan hold in coil berlawanan maka arah gaya magnet yang dihasilkan juga berlawanan sehingga keduanya saling saling menghilangkan gaya magnetnya, hal ini mengakibatkan kekuatan return spring  mengembalikan kontak plate keposisi semula. Dengan demikian drive lever menarik starter clutch dan pinion gear lepas dari perkaitan dengan ring gear.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar