Jumat, 06 Maret 2015

Sistem Starter Mobil


1.      Fungsi  sistem starter
Fungsi dari sistem starter pada kendaraan adalah untuk memberikan garekan awal awal mesin atau memutar poros engkol sehingga mesin dapat hidup.





Gambar 1. Motor starter pada kendaraan
2.      Macam – macam sistem starter
a.       Sistem starter mekanik
Sistem ini menggunakan engkol pemutar untuk memutar poros engkol. Ujung engkol pemutar mempunyai nok menggerakkan poros engkol melalui pully yang ujungnya berlubang serong. Orang yang memutar engkol berada pada bagian depan kendaraan. Sistem starter jenis ini biasanya digunakan pada kendaraan roda dua, tapi sekarang sudang jarang digunakan lagi.
b.      Sistem starter dengan motor listrik
Sistem ini menggunakan menggunakan motor listrik untuk menggerakkan poros engkol. Motor listrik dipasang pada bagian belakang blok silinder. Sistem starter jenis ini dibedakan menjadi 2 tipe yaitu:
1.Motor starter tipe biasa ( konvensional )
Gambar 2. Motor starter tipe biasa ( konvensional )

2.Motor starter tipe reduksi
Motor starter tipe ini biasanya dipergunakan untuk mobil pada daerah dingin, karena dapat menghsilkan momen yang lebih besar untuk menstarter engine pada cuaca dingin. Kemampuan membangkitkan momen pada motor starter tipe ini jauh lebih besar dari pada tipe biasa pada ukuran dan berat yang sama. Pada saat sekarang ini mobil-mobil cenderung mempergunakan tipe reduksi meskipus dioprasikan didaerah panas.

Gambar 3. Motor starter tipe reduksi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar