Sabtu, 14 Maret 2015

Sistem Pemindah Tenaga


       Mobil adalah suatu alat tranportasi yg sudah tidak asing bagi kita, tapi bagaimana sebenarnya mobil dapat bergerak? dan apasaja tipe penggeraknya? langsung aja kita bahas.
   System pemindah tenaga dapat juga dimaksud sistem pemindah daya  pada mobil (power train), adalah suatu mekanisme yang memindahkan tenaga dari mesin ke roda.
Bagian – bagian sistem pemindah tenaga :
1         .       Kopling
2        .      Transmisi
3        .      Poros propeller
4        .      Garandan
5        .      Poros roda
Ditinjau dari sistem pemindah tenaganya Kendaraan dikelompokkan menjadi beberapa tipe yaitu :
1. Front Engine Rear Drive (FR)   
Kendaraan dengan mesin di depan dan menggerakkan roda belakang dinamakan tipe Front Engine Rear Drive (FR). Komponen-komponen system pemindah tenaga meliputi : kopling (clutch), transmisi (transmission), drive shaft/ propeller shaft, differential, rear axle dan roda (wheel).Gambar 1. Kendaraan mesin depan penggerak roda belakang (FR)



2. Front Engine Front Drive (FF)     
Kendaraan dengan mesin di depan dan menggerakkan roda depan dinamakan tipe Front Engine Front Drive (FF). Komponen-komponen sistem pemindah tenaga meliputi : kopling (clutch), transmisi (transmission), differential, front axle dan roda (wheel).Gambar 2. Kendaraan mesin depan penggerak roda depan (FF)



3. Rear Engine Rear Drive (RR)     
Kendaraan dengan mesin di belakang dan menggerakkan roda belakang dinamakan tipe Rear Engine Rear Drive (RR). Pemindah tenaga kendaraan tipe ini sama dengan tipe Front Engine Front Drive (FF). Komponen-komponen sistem pemindah tenaga meliputi: kopling (clutch), transmisi (transmissions),differentialrear axle dan roda (wheel)


4. Four Wheel Drive (FWD)     
Kendaraan dengan mesin menggerakkan roda depan dan roda belakang dinamakan tipe Four Wheel Drive atau All Wheel Drive (FWD atau 4WD atau AWD). Komponen -komponen sistem pemindah tenaga meliputi : kopling(clutch), transmisi (transmission), transfer, dan terbagi menjadi dua. Pertama ke front drive shaft (front propeller shaft), front differentialfront axle dan roda depan (front wheel), sedangkan yang kedua ke rear drive shaft,rear differentialrear axle dan roda belakang (rear wheel)Gambar 3. Kendaraan mesin depan penggerak roda depan dan belakang (4WD)


1 komentar:

  1. Kalo trasnisi untuk mobil jenis pengerak RR biasanya mengunakan transmisi jenis apa?
    Apa mengunakan type manual atau otomatis dan bentuk transmisinya seperti apa ?.

    Mohon pencerahannya min

    BalasHapus